Sebelumnya Saya Sudah Memosting Artikel Yang berkaitan dengan Komunikasi Bisnis
Kali Ini Saya Akan Menjelaskan Pada Anda Petingnya Ilmu Komunikasi Bisinis itu..!!!!
Disimak ya Agan Agan Biar Lebih jelas dan dapat Di terima..!!!
Disimak ya Agan Agan Biar Lebih jelas dan dapat Di terima..!!!
Tantangan
seorang manajer di masa depan relatif akan semakin sulit, yang menuntut
kemampuan untuk mengkomunikasikan ide gagasan dan tujuan dalam
lingkungan organisasinya serta bagaimana menyampaikan produk atau jasa
yang dimilikinya kepada pelanggan. Di sisi lain, proses manajemen,
adalah suatu aktivitas komunikasi. Terdapat 6 kendala yang mungkin
muncul saat manajer mengkomunikasikan bisnis organisasinya, yaitu :
a. Struktur komunikasi yang buruk
Struktur
komunikasi adalah faktor esensial, yang menentukan baik-buruknya
komunikasi bisnis. Tidak penting apakah audiencenya hanya satu orang
atau ribuan orang dan sekalipun di tengah bisingnya lingkungan bisnis
dan pemasaran, pesan yang disampaikan haruslah terdengar dan dimengerti.
Struktur komunikasi yang baik, mengikuti pola :
- pembukaan
- isi
- penutup
selanjutnya : Umum à Detil à Umum atau Global à Detil à Global
b. Penyampaian yang lemahTidak
menjadi menjadi masalah, apakah pesan itu penting atau impresif. Namun
apabila disampaikannya tanpa “sentuhan yang kuat”, hasilnya tidak akan
dapat menyakinkan orang lain sesuai harapan. Disamping itu, meskipun
telah dilakukan “sentuhan “ yang sudah tepat ternyata seringkali juga
masih memerlukan waktu untuk mendapatkan respons. Dengan demikian, pesan
yang kuat, tidak boleh seperti lawakan yang tidak lucu. Pesan yang
disampaikan haruslah ‘menyentuh’ secara kuat dan telak, tidak sekedar
mengelus-elus atau mengingatkan.
c. Penggunaan media yang salahPerlu
untuk mempertimbangkan siapa, dari kalangan atau status sosial mana dan
karakteristik unik lainnya dari sasaran yang kita tuju, sehingga kita
dapat memilih media yang tepat. Jika pesan yang disampaikan sangat
kompleks, berikanlah ruang agar audience kita dapat mencerna pesan
tersebut secara lebih leluasa, sesuai kecepatan mereka, seperti di kamar
tidur, kamar mandi, televise, radio, majalah, koran dan lain
sebagainya.
d. Pesan yang campur adukPesan
yang campur aduk, hanya akan menimbulkan kebingungan atau bahkan
cemoohan dari audience. Seperti, larangan untuk memberikan hadiah kepada
klien, tetapi pada saat yang sama memberikan pengecualian untuk
klien-klien baru atau pelanggan VIP yang berpotensi besar pada bisnis
perusahaan. Sementara, kriteria dari klien potensial atau pelanggan VIP
tersebut tidak dirinci secara jelas.
e. Salah AudienceTopik
yang dipilih hendaknya relevan dan sesuai dengan ekspektasi audience.
Sebagai contoh, misalnya dalam event pertemuan antara wakil dari
Pemerintah dan Pengusaha, namun dalam presentasi disajikan tentang
analisis situasi politik dan pemerintahan, sedangkan para pengusaha,
sebenarnya lebih mengharapkan penjelasan bagaimana tindakan atau
langkah-langkah konkrit yang diambil pemerintah untuk menciptakan iklim
usaha yang kondusif.
f. Lingkungan yang menggangguLingkungan
yang mengganggu jelas merupakan kendala dalam komunikasi, sehingga
pesan yang disampaikan tidak dapat diterima / didengar secara optimal.
Seperti Suara penyaji yang tidak cukup terdengar oleh Audience, Suara
keras dari luar ruangan, (seperti raungan sirine ambulan atau suara lalu
lintas yang padat ), Bunyi handphone dari kantong audience, Interupsi,
Sesi bicara yang menegangkan, dsb. Oleh karena itu, perlunya pemilihan
tempat yang tepat serta upaya agar audience fokus dengan pesan yang
disampaikan.
Kendala komunikasi bisnis dapat bermacam-macam,
namun dengan kehati-hatian serta kecermatan, sebagian kendala tersebut
akan dapat diatasi. Presentasi yang disampaikan akan lebih bermakna
dengan kendala yang diminimalisir, sehingga pesan yang disampaikan dapat
memberikan efek yang diharapkan.
Seiring dengan perkembangan
teknologi dan sistim informasi, komunikasi berkembang menjadi suatu
bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi
mempercepat proses Globalisasi, sehingga proses komunikasi terjadi
setiap saat tanpa berhenti dan berlangsung pada saat yang hampir
bersamaan di seluruh belahan dunia. Informasi dengan mudah dan cepat
menyebar, bahkan nyaris tanpa penghalang apapun .
Perkembangan
teknologi yang semakin pesat, memungkinkan orang untuk berkomunikasi
melalui berbagai macam media. Tantangan ke depan, bukan saja sekedar
menjual produk & jasa perusahaan, tetapi bagaimana menyampaikan
pesan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan dapat memberikan manfaat
kepada banyak orang dari berbagai ragam budaya, latar belakang, dan
sebagainya. Proses penyampaian pesan atau informasi tersebut, dapat
dilakukan secara satu arah, seperti melalui media elektronik atau media
cetak juga dapat dilakukan secara dua arah (interaktif) melalui jaringan
internet.
Terima kasih Gan...
Sekian Artikel dari Saya.... Semoga Bermanfaat...
Terima kasih Gan...
Sekian Artikel dari Saya.... Semoga Bermanfaat...
Artikel anda sangat bermanfaat, minta ijin untuk dijadikan bahan reverensi tugas KOMUNIKASI BISNIS, terima kasih :)
BalasHapusBlogwalking: duwilestari02.blogspot.com